Kamis, 03 Maret 2011



Artikel ini diambil dari artikel motor plus dimana disini di kupas lebih dalam menurut versi motor plus. cekidot buat yang pingin tahu :)




Desain : **** (4 bintang)

Secara dimensi hampir tak ada bedanya dengan Mio Sporty. Malah terlihat lebih ramping dari Mio Soul. Hampir tak terlihat istimewa saat diparkir bersamaan dengan dua pendahulunya itu. Meski begitu, bila diperhatikan lebih detail sebenarnya kesan sporty begitu kental. Garis bodi dan detail tajam seperti speedometer membuatnya terlihat futuristik.


“Sayang dimensinya terlalu kecil, jadi enggak terlihat seperti skutik mahal. Padahal harganya sampai Rp 15 jutaan loh,” ungkap Takumi, salah satu Otonetters (member forum OTOMOTIFNET.com) yang ikutan menjajal Xeon di kantor redaksi.

Fitur dan Teknologi: **** (4 bintang)


Bicara teknologi, mungkin Xeon adalah salah satu skutik tercanggih di kelas harga Rp 15 jutaan. Salah satu andalannya adalah sudah mengaplikasikan piston tempa (forged piston) dan silinder berlapis DiASil. Kedua part ini diklaim sangat kuat dan panjang umur. Di skutik, keduanya memang barang baru. Tapi sebelumnya dua komponen ini sudah diaplikasikan pada Jupiter MX dan Vixion.

Teknologi lainnya adalah TPS (Throttle Position Sensor), perangkat ini mengatur timing pengapian sesuai dengan bukaan throttle di karburator yang membuat pembakaran makin presisi. Dan sudah dilengkapi dengan pendinginan mesin dengan cairan (liquid cooled). Layaknya Honda Vario dan Vario Techno.

Sedang fitur-fitur pendukung layaknya bagasi yang bisa menampung helm half face, kompartemen mungil di bawah setang, dan kunci bermagnet yang sekaligus untuk membuka jok rasanya standar saja. Dan sama seperti skutik Yamaha lainnya, tak ada fitur keselamatan seperti parking brake lock atau side stand switch.

Rasanya empat bintang tak berlebihan untuk pelopor teknologi forged piston dan DiASil silinder pada skutik.
Performa:***** (5 bintang)

Bicara performa jangan cuma merasakan putaran bawah mesin 125cc nya, karena dijamin akan lebih mirip Mio Sporty. Tapi rasakan di putaran menengah ke atasnya yang agresif dan bisa diandalkan untuk berakselerasi cepat. Silakan amati tabel hasil pengujian menggunakan Racelogic dari Inggris.

Akselerasinya menuju jarak 201 meter bisa diraih dalam 13,2 detik. Atau lebih cepat dari skutik lainnya yang sama-sama 125cc seperti Honda PCX dan Suzuki Skywave yang mencapai 14 detik. Sayangnya meski enteng di diajak berakselerasi, suara kasar dari CVT sangat terasa ketika gas pertama kali dipelintir. Getaran CVT nya pun terasa sampai di kaki.

0-60 km/jam : 6,5 detik   
0-80 km/jam : 12,1 detik  
0-100 m : 8,5 detik  
0-201 m : 13,2 detik  
0-402 m : 21,1 detik  
Top speed : 105 km/jam

Konsumsi Bahan Bakar: *** (3 bintang)

Performa Yamaha yang lebih ringan diajak berakselerasi menuntut konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih boros dibandingkan skutik Honda. Hal ini juga ditemui pada Yamaha Xeon. 1 liter bensin pada Xeon hanya bisa dipakai menempuh jarak 39 kilometer.

Konsumsi bensin diukur dengan cara mengisi bensin penuh pakai Pertamax, odometer dicatat. Lalu untuk jalan seperti sehari-hari. Setelah itu diisi penuh lagi dan dicatat jarak tempuhnya. Maka diketahui konsumsi BBM-nya. Berhubung hanya 1:39 km, tiga bintang cukuplah.

Handling: *** (3 bintang)
Handling Xeon tak jauh beda dengan pendahulunya. Tetap lincah meliuk di tengah kemacetan. Sasis barunya harus diakui sangat gesit, cocok dengan akselerasinya yang lumayan agresif. Tapi sayangnya, bobotnya yang ringan hanya 103 kilogram sering kali terasa agak melayang kala menikung ekstrem.

Kekurangan lainnya ada pada suspensinya yang keras saat melintasi jalan berlubang atau jalan rusak. Ada beberapa kemungkinan penyebabnya, bisa karena karakter suspensinya yang memang keras dank karena pemilihan ban yang terlalu kecil. 70/90-14 di depan dan 90/90-14 di belakang. Coba yang depan pakai 80/90-14, sepertinya akan sedikit menolong.

Terlalu bersemangat menikung, cover CVT jadi korban tergasak aspal
Harga: **** (4 bintang)
Dijual Rp 15,5 jutaan, Xeon bertarung habis-habisan dengan Honda Vario CBS Techno yang dijual dengan rentang harga sama. Value lebih yang didapat saat menebus skutik baru ini adalah adanya garansi 5 tahun untuk komponen piston dan blok silindernya. Desain barunya yang futuristik dan performanya yang baik seakan menutupi kekurangan pada suspensi dan konsumsi bahan bakarnya yang kurang ramah dengan kantong. 

Sumber : motor plus



0 komentar:

Total Kunjungan

Label

Yamaha Xeon Club Bogor 2011. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Text


BAGAIMANA CARA IKUTAN DI YXCB?? MUDAH BROTHER!!!

sebagaimana telah di lihat bahwa ini adalah klub motor yang identik dengan motor xeon maka syarat utama adalah memiliki MOTOR XEON.
dan sebagaimana telah dilihat bahwa ini merupakan wadah berkumpul dan wadah sosial maka syarat berikutnya adalah MAU BERSOSIALISASI ( ini bertahap sih, yang diem aja jadi gahar biasanya :P ).

ok sekarang bagaimana cara ikut serta??? GAMPANGG!!

PERTAMA !!! siapin diri, cuci motornya, KEDUA!! langsung datang aja ke

"seberang pom bensin warung jambu di pelataran toko furniture"

setelah itu baru kita bersosialisasi dan diusahakan mengikuti kumpul-kumpul wajib dengan sangat ikhlas, mudah-mudahan dengan ikhlas apa yang kita lakukan itu tidak percuma. dan kita juga tidak mengekang sama sekali.

atau isi keterangan diri di halaman "Gabung Yuk" atau klik DISINI maka kita akan menghubungi sampean

sekali lagi, what are you waiting for?? kita buat semakin rame bogor dengan hadirnya YXCB dan jadilah bagian dari itu. karena tidak hanya sekedar kumpul bro, berbagai acara dapat kita susun bareng-bareng dari acara sosial sampe acara senang-senang!!!! jalan-jalan??? jangan bilang bikers kalo gak jalan-jalan cuman ngumpul!! hwkwkwkw.. see you brother..

BlogRoll 2

    wajib di kunjungi

    • Halo gan n sist, udah lama nih gak posting . he he he. maklum miminnya agak-agak sibuk nih.... pada postingan ini mimin mau sharing kegiatan anak-anak YMB...
      9 tahun yang lalu